Minggu, 14 April 2013

Field Trip Museum Sri Baduga, 28-29 Maret 2013

Field Trip Museum Sri Baduga, 28-29 Maret 2013


Akhir maret lalu, tepatnya pada tanggal 28-29 kemarin, sahabat Kita mengikuti Field Trip yang diadakan oleh Museum Sri Baduga dan bekerja sama dengan Sahabat Museum Sri Baduga. 
Field Trip kali ini mengungjungi jejak dan situs peninggalan Kerajaan Sunda di Ciamis dan Bogor. 
Banyak tempat yang dikunjungi, beberapa diantaranya :

1. Situs Karangkamulyan 
    Menyuguhkan situs peninggalan purbakala pada masa Kerajaan Sunda di Ciamis 
     









2. Situs Gunung Susuru
    Menyajikan situs-situs purbakala pada masa megalitikum 










3. Situs Astana Gede Ciamis
   Menyajikan situs-situs peninggalan Kerajaan Sunda/Pajajaran pada masa berlokasi di Galuh. Disini juga terdapat tempat penobatan Prabu Siliwangi ketika menjadi Raja Kerajaan Pajajaran. Dan banyak cerita seputar Dyah Pitaloka dalam lingkungan situs Astana Gede ini.







 

4. Situs Kutadani Bogor
    Dalam situs ini, seharusnya terdapat benteng (kuta) terluar dari keraton Pajajaran milik Prabu Siliwangi, namun kemudian benteng tersebut sudah tidak ada dan menjadi pembatas antara komplek militer dan perumahan. Selain itu, yang muncul kemudian mitos-mitos mengenai gerbang gaib dan Mbah Dani yang makamnya ada disana. 








4. Situs Batu Tulis dan Arca Galih Bogor 
   Menyajikan Jejak kaki Sri Baduga Maharaja dan beberapa petuah serta pemberi informasi tentang Kerajaan Pajajaran. Dan dalam Situs Arca Galih merupakan situs megalitikum. 












begitulah perjalanan Ciamis-Bogor.. Banyak sekali pelajaran tentang sejarah, mitos dan cerita-cerita rakyat yang didapat oleh sahabat kita.. 

Mari kenali sejarah budaya sendiri  ^_^ 








0 komentar: